Thursday, March 20, 2014

Nasi Goreng Tanpa Nasi

Gara-gara baca postingan mbak Rika soal Tuna Pasta, jadi inget kejadian bertahun-tahun yang lalu saat diriku masih cupu.

Jaman pengerjaan TA yang sungguh durjana sebagai syarat wisuda, mau tak mau memaksaku menjalani hidup serba tak menentu. Sarapan yang kesiangan, makan siang kesorean atau kemalaman, serta makan malam yang terlalu larut menjadi hal yang lumrah dijalani tiap hari.

Tak terkecuali pada hari naas itu yang pada akhirnya membongkar ke-korsletan otakku.

Jadi ceritanya seperti biasa aku dan temanku (sebut saja namanya Nova-bukan nama sebenarnya) pulang dari Lab sekitar jam 10 malam. Karena perut keroncongan, kita putuskan mampir ke penjual nasi goreng di Gebang Wetan (salah satu kampung deket kampus). Nova pengen mie goreng, sementara aku pengen nasi goreng putihan alias tanpa saos-kecap.

Sampai di tempat yang udah lumayan banyak yang antre, ternyata ada si Artha (lagi-lagi bukan nama sebenarnya), temen sekampus juga yang lagi nunggu pesanan.

Dengan muka kusut bekas kekurung di lab plus kelelahan otak akut, dimulai lah percakapan pemesanan dengan pak penjual,

"Pak, mie goreng 1, sama nasi goreng 1 TANPA NASI", kataku santai tanpa dosa dan tanpa merasa janggal samasekali (karena sangat yakin bahwa otak mengatakan nasi goreng tanpa saos-kecap).

Entah karena terlalu sibuk dengan banyaknya pesanan atau tidak terlalu memperhatikan konten pesananku, bapak itu hanya mengonfirmasi mie dan mengabaikan nasi goreng tersebut,

"Ok, mie goreng 1 tanpa nasi ya?"

yang dengan dodolnya asal kuiyakan,
"iya pak, mie gorengnya gak pake nasi",

karena berpikir kalo si Nova kan cuman pengen mie goreng aja, ngapain juga dicampur nasi? tanpa terpikir sedikit pun untuk memastikan pesanan nasi goreng tanpa saos-kecap.

Ketika mengambil tempat duduk, tiba-tiba si Artha tertawa geli.

Hah..? ngapain loe ketawa ?
"Kamu tadi lho, pesan nasi kok gak pake nasi. Baru kali ini aku denger pesanan kayak gitu"

"masa sih? gak ah. Aku tadi kan pesan mie goreng sama nasi goreng tanpa saos kan ya?",

sahutku tak percaya dan mengonfirmasi ulang ke Nova yang hanya manggut-manggut mengiyakan. Suatu kesalahan sebenarnya mengonfirmasi ke orang yang sama-sama berpikiran kusut setelah terkurung di lab seharian.

"Ya udah kalo gak percaya. Tunggu aja nasi gorengmu bakal muncul apa gak. Aku duluan ya..", si Artha melengang santai setelah mengambil pesanannya yang udah jadi.

Keanehan baru terasa ketika mie goreng Nova sudah dibungkus dan siap bawa pulang. Sementara nasi gorengku samasekali belum ada tanda-tanda sudah digoreng. Beberapa kali terlihat si Bapak menggoreng nasi, tapi dengan saos-kecap. Atau jika nasi goreng putihan, ternyata bukan untukku.

Berjam-jam sabar menunggu, ngendon di tempat duduk yang sama dan memperhatikan kok banyak orang bersliweran baru datang, pesan dan langsung jadi. Sementara nasi goreng naas pesananku kok belum muncul juga.

Karena tidak tahan lagi, baru deh nanya setelah si Bapak udah hampir mau tutup,
"Pak, nasi gorengku mana?"
"Lho, tadi katanya gak pake nasi...", jawab si Bapak tanpa dosa.

Aduh Bapak... yang gak pake nasi mah mie gorengnya. Nasi gorengnya ya pake nasi, tapi tanpa saos-kecap alias putihan... Kalo nasi goreng gak pake nasi, emangnya wajan doang yang digoreng ? mana bisa wajan dimakan pak...? emangnya kuda lumping apa ?!

Zzzzz....untung masih ada nasi untuk memenuhi pesanan geje tempe aduhai dariku.

Dan saat itu barulah tersadar kalo si pemesan lagi korslet otak, plus penjual yang miskom. Satu-satunya yang tahu kebenaran sejak awal hanyalah si Artha yang cuma bisa cengar-cengir kuda.

Geblek nih si Artha. Kalo emang dia satu-satunya yang nyadar atas keanehan pesananku, kok gak bantuin ngelurusin kek... ato bantuin mesenin ulang. Malah cuman komen n ketawa doang trus ditinggal ngacir pula.

Kalo dia bantuin kan, aku ma Nova gak perlu nungguin berjam-jam nggambas mpe kering n jamuran plus mie gorengnya Nova sampai dingin tak berbentuk.

Pesan Moral : Lain kali kalo mau pesen nasi goreng tanpa saos-kecap, lebih baik bilang, "nasi goreng putihan" untuk mencegah terjadinya nasi goreng tanpa nasi alias goreng wajan doang.

No comments:

Post a Comment